MySQL, DBMS gratisan dengan hasil yang tidak gratisan

Jumat, 30 April 2010
Author:Asep Edi Kurniawan 

    MySQL adalah DBMS (Database Management System) yang mulanya dibuat oleh perusahaan konsultan bernama TcX. Namun pada perkembangan selanjutnya, pembuatan serta pengembangan versi-vseri lanjut dari MySQL berada di bawah naungan MySQL AB yang bermarkas di swedia.
    MySQL bisa dikatakan sebuah DBMS yang powerfull, karena memudahkan kita dalam membuat sistem database relasional. Ada beberapa kemudahan yang bisa dirasakan ketika menggunakan MySQL, diantaranya:
1) Bersifat Multiplatform
      Artinya, MySQL bisa dijalankan pada Sistem Operasi apapun, baik itu windows, linux, Mac OS, Solaris dan lain-lain. Karena sifatnya yang multiplatform inilah anda tidak perlu bersusah payah menginstall ulang PC anda.


2) Cepat, Handal dan Mudah digunakan
     MySQL mampu menangani database dengan ukuran yang besar dengan kecepatan yang relatif tinggi. Bahkan setahu saya, MySQL mampu menangani database yang berukuran Terabyte ( 1 Terabyte = 1024 Gigabyte ). Sangat besar sekali kan?!


    Namun kemampuan ini juga disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Sebagai contoh, pada sistem operasi Solaris , MySQL dapat menangani database dengan ukuran 16 Terabyte.


3) Bersifat Open Source
    Artinya siapapun bisa mendapatkan softwarenya secara gratis. Bahkan jika anda bisa, anda bisa mengubah kode-kode programnya sesuka anda. Untuk mendapatkannya anda bisa download di http://www.mysql.com

    Seperti DBMS pada umumnya, MySQL bisa dikoneksikan kepada program lainnya agar database yang ada didalamnya bisa diakses. Contohnya, kita bisa mengkoneksikan dengan Visual Basic dengan menggunakan ODBC (Open Database Conectivity). Selain itu, dengan menggunakan JDBC (Java Database Conectivity), kita juga bisa mengkoneksikannya dengan program client berbasis java.


    Bahasa yang digunakan pada pemrograman database MySQL tentunya adalah bahasa SQL. Bahasa SQL adalah bahasa standar internasional yang digunakan untuk membuat suatu database relasional. Dengan memahami bahasa SQL anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam menjalankan DBMS apapun.


    Seperti DBMS lainnya, MySQL juga memberikan keleluasaan bagi admin untuk mengatur hak akses baik terhadap client maupun administratornya. Misalnya kita bisa memberikan hak akses kepada si A, tetapi tidak memberikan hak akses kepada si B. Kita juga bisa memberikan hak akses kepada si C namun, hak akses kepada si C ini dibatasi.

0 komentar:

Posting Komentar