Faktor-faktor kesuksesan sebuah website

Selasa, 27 April 2010
author: Asep Edi Kurniawan 
 
Pada artikel ini saya akan sekedar berbagi pemikiran mengenai faktor-faktor sebuah website bisa mencapai sukses. Diantaranya:


1). Semangat yang tak pernah padam 

    membangun sebuah proyek web membutuhkan waktu yang cukup lama dan dedikasi yang besar. Bahkan, terkadang kita bisa menghabiskan hari-hari dengan sedikit atau bahkan tidak tidur sama sekali. Berlebihankah? memang tidak harus seperti itu, namun itu sebagai gambaran bagaimana sibuknya mengurus sebuah proyek web.
Seringkali kita harus melakukan banyak hal, bahkan terkadang ada beberapa hal yang kita tidak ingin melakukannya namun merupakan bagian dari pembangunan proyek yang mau tidak mau harus dilakukan. Hal ini menuntut kita untuk melakukan penjadwalan terhadap waktu yang kita miliki. Karena sebab tersebut banyak orang yang menyerah dalam prosesnya, kecuali orang-orang yang mempunyai semangat dan dedikasi lebih.

2). Pengetahuan yang banyak dan mendalam mengenai tema yang diangkat
    Contohnya, ketika Anda sedang membangun sebuah aplikasi yang akan merevolusi cara orang mengirim email atau publikasi web tentang tutorial pemrograman C#, anda harus memiliki wawasan yang luas serta pengetahuan yang mendalam mengenai subjek tersebut. Ketika wawasan dan pengetahuan anda kurang cukup untuk itu, audiens akan menilai bahwa website anda kurang informatif dan kurang dapat dipercaya. Perlu diketahui bahwa para pengguna internet zaman sekarang sangat berhati-hati terhadap apa yang mereka baca. Jika anda tidak mampu membuktikan bahwa anda dapat dipercaya, mereka bisa dengan mudahnya menutup website anda dan beralih ke website orang lain,
dan tentu saja anda tahu bahwa di jagat internet terdapat jutaan web yang bisa memuaskan keinginan mereka.

3).Jadilah orang yang kompeten
    Pondasi dari sebuah web yang baru berkembang (baru mulai) adalah orang-orang yang mengelolanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan sebuah web seperti Ilmukomputer.com dan ilmuwebsite.com ditentukan salah satunya oleh para penulisnya yang brilian. Tanpanya, dua website tersebut tidak akan pernah anda ketahui.

4). Carilah partner yang mampu melengkapi keterbatasan anda
    Sebaiknya anda tidak mengerjakan sebuah proyek web sendirian. Ketika sebuah proyek web baru dimulai, anda perlu bekerjasama dengan orang lain agar proyek anda terus maju dan berkembang sehingga menjadi sebuah proyek website yang sukses.

5). Terbukalah terhadap audiens anda
    Cari tahu sebanyak-banyaknya apa yang mereka butuhkan. Hal ini bisa diketahui salah satunya melalui komentar yang sering ditulis oleh pengunjung pada website kita. Terbukalah terhadap kritik, terkadang dengan kritik itulah kita bisa mengetahui kelemahan dari website atau artikel yang kita buat sehingga kita lebih mudah untuk memperbaikinya.



0 komentar:

Posting Komentar